TIPS UNTUK MENJADI PENULIS NOVEL YANG HANDAL!

Menulis adalah kegiatan yang merupakan tumpahan sebuah perasaan atau kejadian yang sudah teralami. Baik untuk mengenang, ataupun hanya untuk meluapkan emosi si penulis, menulis juga bentuk untuk mengekspresikan diri terhadap kemampuan – kemampuan sastra yang melekat dalam diri seseorang.  Seseorang bisa menulis apapun yang di kehendaki, bisa berupa artikel, buku diari, komik, berita, bahkan sebuah novel. Menulis sebuah novel memang tidak mudah , tetapi ada jurus dan tutorial tertentu bila seseorang ingin menjadi seorang penulis yang berbakat.

Tentunya, seorang calon novelis harus menentukan genre mana yang akan di pilih, dan seorang novelis nantinya akan memiliki sebuah ciri khas yang melekekat pada dirinya. Memang, menulis sebuah novel itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, misalnya berbulan – bulan bahkan ada yang bertahun- tahun, tetapi menulis dalam jangka waktu lama bukan berarti karyanya biasa saja, banyak novelis yang menulis dengan membutuhkan waktu tidak sebentar namun ketika bukunya terbit, langsung meledak di pasaran dan bahkan menjadi best seller. Bagi kamu yang tergiur dengan menulis novel, ada baiknya kalian mengetahui tips dan trik untuk menjadi seorang novelis yang baik dan handal, berikut adalah tutorialnya ;

tips dan trik untuk menjadi seorang novelis

Menentukan genre dan target pembaca

Penentuan genre sebelum seseorang mulai menulis sebuah novel adalah sebuah keharusan, mengapa demikian karena seseorang harus tahu target pasar yang akan di tuju. Misalnya,novel bergenre romantis untuk usia berapa sampai berapa, novel komedi untuk usia berapa sampai berapa, novel horror (biasanya remaja ke dewasa), novel religi, novel drama, daln lain sebagainya. Kita harus mengkaji siapa yang akan menjadi target pembaca kita, jadi jangan salah menargetkan pasar ya!

Menentukan tema yang akan di garap

Dalam menulis sebuah novel, kamu harus menggarap tema yang nanti akan kamu jabarkan menjadi tulisan yang lebih luas. Kamu bisa memilih tema apapun yang kamu suka, contohnya kamu memililih tema percintaan antara dua manusia yang terhalang oleh jarak, kamu kembangkanlah prospek tema tersebut menjadi tulisan yang utuh dan menyeluruh. Lalu bisa juga tema ada hantu di sekolah tua untuk genre horror, dan lain –lain. Bawa tema tersebut yang kamu tentukan untuk menjadi sebuah cerita yang menarik dan cerita yang membuat para pembaca larut dalam tulisan mu ya!

Alur cerita

Alu atau plot adalah tubuh dari novel, kamu bisa menentukan alur apa yang ingin kamu pilih semisalnya ada alur maju, alur mundur, dan alur maju mundur. Akan tetapi jika kamu akan menulis dengan alur maju mundur, kamu harus berhati – hati dalam menulis ceritanya ya, jangan sampai membuat pembaca menjadi sangat kebingungan.

Penokohan yang kuat

Masuk kedalam karakter tokoh yang sudah kamu tentukan, dengan ini kamu harus memperkuat karakter tokoh novel kamu, dari segi penampilan, watak, sifat dan dari cara berbicaranya. Jadikan semua tokoh di tulisan mu menjadi seseorang yang lekat dalam cerita, jangan menjadikan tokoh mu tokoh yang tiba  – tiba menghilang tanpa jejak.

Menciptakan dialog yang kuat dan penuh arti

Dalam novel tentunya pembaca akan di suguhi dengan dialog – dialog yag tertera dalam tulisan. Mau dialog singkat ataupun panjang, sudah seharus nya penulis menciptakan dialog yang kuat dan penuh arti, jangan “hanya menulis” dialog saja, namun kamu harus fokus dengan apa yang tokoh mu perbincangkan agar karakter alur cerita tulisan mu semakin menjadi lebih kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *